Topik:
 

Pedoman Membuat Gambar Foto Sampul Halaman Bisnis Facebook

Oleh: Hobon.id (28/08/2024)
Pedoman Membuat Gambar Foto Sampul Halaman Bisnis FacebookHalaman Bisnis Facebook menjadi salah satu hal penting dalam mempromosikan bisnis maupun organisasi kita. Halaman Bisnis Facebook memungkinkan kita untuk membangun basis pengikut sehingga kita bisa selalu terhubung dengan mereka dengan membagikan konten-konten atau promosi di halaman bisnis Facebook kita. Foto sampul yang dirancang dengan baik adalah komponen penting dari Halaman Bisnis Facebook yang akan memberikan kesan visual pertama kepada pengunjung. Gambar sampul ini bisa berisi identitas merek, informasi produk/jasa maupun informasi even-even khusus.
Advertisement:
Namun sering terjadi foto sampul yang tidak dirancang dengan baik akan mengakibatkan tampilan yang tidak bagus. Misalnya foto sampul yang tidak sesuai dengan standar dimensi yang dianjurkan oleh Facebook akan mengakibatkan gambar yang buram, ada teks yang hilang dan bahkan merek utama bisnis kita tidak terlihat sama sekali. Gambar sampul yang sudah terlihat sudah cukup baik di perangkat desktop pun bisa saja terlihat buram atau ada bagian penting seperti merek, gambar, dan informasi tertentu lainnya yang tidak terlihat atau terpotong. Untuk itu kita perlu untuk mengikuti standar dimensi yang dianjurkan supaya tampilan foto sampul halaman bisnis Facebook kita terlihat sempurna bagi pengunjung baik pengguna desktop maupun pengguna seluler.

Standar ukuran gambar untuk foto sampul halaman bisnis Facebook yang dianjurkan adalah 820 x 360 piksel dengan resolusi 72.

Tetapi kita tidak cukup hanya menerapkan ukuran tersebut pada gambar sampul yang kita buat. Namun kita juga harus memperhatikan letak materi penting seperti merek, gambar, teks, dan informasi lainnya yang mau kita sampaikan.

Perhatikan contoh foto sampul halaman bisnis yang ditampilkan pada perangkat desktop di bawah ini. Terlihat logo profil menutupi sebagian kecil area gambar sampul. Jadi, kalau misalnya kita menaruh informasi penting seperti merek, alamat website atau nomor telepon di area tersebut maka informasi tersebut akan luput dari perhatian pengunjung. Jadi usahakan untuk tidak menaruh informasi penting pada area tersebut dengan cara melakukan pengujian setelah kita membuat desain gambar.



Demikian juga pada saat ditampilkan di perangkat seluler, kita harus memperhatikan area-area gambar foto sampul yang tertutup dan tidak ditampilkan. Pada tampilan seluler, logo profil menutupi cukup banyak area gambar oleh karena itu usahakan untuk tidak menaruh informasi penting pada area tersebut. Termasuk area sisi kiri dan kanan gambar terlihat ada yang terpotong. Untuk itu disarankan pada saat membuat desain gambar sampul supaya kita menjaga proporsi yang tepat untuk menghindari area yang terpotong atau tidak terlihat.

Advertisement:
Demikian panduan singkat membuat gambar foto sampul halaman bisnis Facebook. Dengan membuat dimensi yang benar, menyelaraskan posisi informasi penting seperti merek, nama bisnis, dan informasi penting lainnya dari bisnis Anda membuat foto sampul yang menarik perhatian, mempromosikan merek Anda, dan meningkatkan eksistensi bisnis Anda di media sosial Facebook. Pembaruan dan pengujian rutin akan memastikan foto sampul Anda tetap segar dan membantu bisnis Anda selalu terhubung dengan konsumen.
Artikel Terkait: